Gugah Minat Baca

Kamis, 26 Agustus 2010

http://majalah.hidayatullah.com
Terobosan anyar digagas pemkab sebagai upaya menambah wawasan masyarakat. Yakni, memasang papan informasi publikdi sejumlah pusat keramaian, seperti alun-alun, pasar besar, dan RSUD Soeroto. Papan mirip etalase itu memajang berita-berita lokal maupun nasional. Tak sedikit warga yang memanfaatkan lumbung informasi publik itu. Terutama pada pagi dan sore hari. Tidak hanya orang dewasa, kalangan remaja juga tak kalah antusias. (Radar Ngawi, 23 Agustus 2010).
Saya jadi teringat saat kuliah di Jogja. Di sejumlah tempat dipasang papan baca yang berisi/ditempel koran (biasanya Harian Kedaulatan Rakyat). Banyak masyarakat yang memanfaatkan papan baca ini, terutama untuk mengetahui informasi terkini. Bagi saya yang saat itu masih mahasiswa, papan baca tersebut menjadi sesuatu yang sangat urgen. Setiap berangkat kuliah saya selalu menyempatkan mampir di papan baca untuk membaca. Kemudian saat pulang dari kampus saya lanjutkan lagi berita-berita yang belum sempat saya baca hingga utuh. Di lingkungan kampus saya pun (UGM) juga tersedia papan baca ini. 
Saya berharap program dari pemkab ini bisa diperluas di tengah-tengah masyarakat. Jauh sebelum adanya papan baca di alun-alun itu, saya sudah mengimpikan di sejumlah tempat disediakan papan baca. Bahkan kalau bisa lingkungan setiap RT mempunyai papan baca ini. 
Mudah-mudahan program ini bisa konsisten. Mudah-mudahan masyarakat juga tergerak untuk membuat papan baca secara swadaya, tanpa harus menunggu uluran tangan dari pemkab, mengingat begitu pentingya sarana informasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (171) coretan (126) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (68) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)