Islam Dan Globalisasi Dunia

Sabtu, 23 Juli 2011

Globalisasi adalah sebuah realita yang tak dapat dihindari oleh siapa pun. Ia adalah sebuah kondisi di mana sekat jarak tidak lagi menjadi halangan sehingga dunia seakan sebuah kampung yang kecil. Dengan demikian penyeragaman dalam segala hal akan mudah diwujudkan.

Globalisasi dapat dimanfaatkan pihak mana pun baik pihak yang baik maupun pihak yang jahat, bahkan ia bisa berupa nama lain dari penjajahan modern yang berusaha untuk memberangus semua pemikiran dan sistem yang ada serta menggantinya dengan konsep Tata Dunia Baru. Dia berambisi untuk menguasai dunia dalam bisang politik, militer, ekonomi, kenudayaan, dan agama.

Namun tidaklah semua arti dari globalisasi itu berkonotasi buruk. Di sisi lain ia mengandung kebaikan bagi kehidupan manusia seperti kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, kesehatan, telekomunikasi, dan lain-lain yang jika dimanfaatkan akan mewujudkan kesejahteraan, bahkan akan menjadi sarana dakwah Islam yang efektif.

Maka, dalam menyikapi globalisasi kita harus waspada dan selektif, tidak bersikap apriori juga tidak melena mentah-mentah. Mana yang harus diambil dan mana yang wajib ditolak, itulah yang dijelaskan oleh Prof. Dr. Yusuf Al-Qaradhawi dalam buku yang beliau beri judul ISLAM DAN GLOBALISASI DUNIA.

Judul              : Islam Dan Globalisasi Dunia
Pengarang    : Dr. Yusuf Al-Qaradhawi
Penerbit        : Pustaka Al-Kautsar
Halaman       : 172 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (148) coretan (123) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (67) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)