Udah Gedhe

Senin, 26 Desember 2011

Sepertinya baru kemarin saja anak-anak lahir di dunia. Menjadi bayi kecil mungil. Menangis, tersenyum, tertawa. Tengkurap, ongkong-ongkong, merangkak, trantanan. Jalan, lari, memanjat. Kini anak-anak semakin besar. Kini mereka sekolah. Sepertinya juga, baru kemarin saya diambilkan rapor oleh orang tua. Dan kini giliran saya yang mengambilkan rapor untuk anak-anak saya.

Dengan penuh cinta saya tulis ulang catatan perkembangan karakter anak-anak dari ustadzah mereka. Ustadzah merupakan sebutan guru wanita di sekolah Harapan Ummat.

FAUZAN RAMDHANI FAJRI
TK A HARAPAN UMMAT

Alhamdulillah nanda Fauzan adalah anak yang mandiri. Sejak mengikuti pelajaran di kelompok TK A nanda sudah berani sekolah sendiri tanpa ditunggui. Setiap akan berbagi jajan nanda tak lupa selalu mencuci tangan sendiri tanpa harus ditunggui ustadzah. Saat makan besar pun nanda sudah terbiasa makan sendiri tanpa dibantu ustadzah. Nanda juga sering menghabiskan makanan yang diberikan ustadzah. Setiap hari sebelum memulai pelajaran di kelas nanda memarkir tasnya dengan rapi bersama teman-temannya. Bahkan kadang-kadang nanda juga mengingatkan temannya untuk memarkir tas.

Kecintaan nanda terhadap Allah sudah mulai terlihat pada kebiasaan nanda dalam melakukan ibadah-ibadah harian selama di sekolah. Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seperti belajar, bermain, makan, dan mengerjakan tugas, nanda tak lupa selalu berdoa. Saat melaksanakan sholat dhuha nanda melafalkan bacaan sholat dengan suara lantang. Kesenangan nanda dalam menghafal tampak dari antusiasmenya dalam melafalkan hafalan-hafalannya. Nanda sering berkonsentrasi saat menghafal sehingga hafalan nanda terjaga dengan baik. Apabila terlalu asyik bermain nanda perlu diingatkan dulu untuk mau mengaji. Semoga ke depannya nanda semakin sholeh lagi.

Di sekolah nanda jarang sekali mau menyiram tanaman, nanda lebih suka bermain bersama temannya. Nanda juga belum mau membantu ustadzah merapikan tanaman yang ada di halaman sekolah. Nanda harus terus diingatkan bahwa tumbuhan harus dirawat supaya tumbuh subur dan bermanfaat.

Dalam hal kesabaran, nanda sudah mulai terbiasa untuk antri dalam menunggu giliran dalam melakukan aktivitasnya. Selain itu nanda juga sering menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan baik sampai selesai.

Semoga semua kegiatan yang dilaksanakan di sekolah juga diaplikasikan di rumah bersama dengan orang tua. Kerjasama dari bapak dan ibu sangat kami butuhkan demi tercapainya karakter yang diterapkan di sekolah. Mudah-mudahan semua pelajaran baik materi pagi, sentra maupun karakter yang diberikan di sekolah berguna bagi masa depan ananda.

Jazakumullah khoiron katsiron.

HILMA AUFIA AZZAHRO
PLAYGROUP HARAPAN UMMAT

Dalam hal membaca huruf hijaiyah (mengaji) Ananda Hilma konsisten. Setiap hari Ananda Hilma selalu bersedia mengaji dengan senang hati. Walaupun dalam kondisi asyik bermain tetapi ananda selalu memenuhi panggilan ustadzah untuk mengaji. Untuk menghafal surat pendek, doa, dan hadits, Ananda Hilma sering melakukannya. Walaupun terkadang saat menghafal bersama teman-temannya ananda diam melihat teman-temannya. Tetapi ananda akan melanjutkan hafalannya ketika diingatkan ustadzah.

Alhamdulillah Ananda Hilma termasuk anak yang mandiri. Walaupun pada awal sekolah ananda sempat bila ditinggal. Alhamdulillah setelah mengenal Mas Obit, ananda berani di dalam kelas sendiri bahkan sekolah sendiri. Untuk makan jajan saat istirahat dan makan nasi hari Jumat, ananda sudah terbiasa untuk makan sendiri.

Sikap sabar mengantri sudah terlihat konsisten pada kepribadian ananda. Ananda dengan sabar menunggu giliran bermain. Sambil menunggu, ananda bermain mainan lainnya yang disediakan ustadzah sampai gilirannya tiba.

Mudah-mudahan dengan penanaman pendidikan karakter di sekolah dan di rumah (kami mohon kerjasamanya), semakin membuat ananda lebih sholiha dan menjadi pribadi yang berakhlak mulia serta dicintai orang-orang di sekelilingnya. Amiin.


Dulu kala.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (148) coretan (123) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (67) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)