Teguhkan Pendirian

Jumat, 16 Desember 2011

Suatu hari seorang bapak hendak pergi ke kota sambil mengajak anaknya. Mereka berdua menunggangi seekor kuda. Di tengah perjalanan ada orang yang menyidir, ”Sungguh tak punya punya rasa kasihan orang-orang itu. Masak kuda sekecil itu ditumpangi mereka berdua”. Mendengar perkataan itu sang bapak pun turun, sedangkan anaknya masih di atas kuda. Lalu perjalanan dilanjutkan.

Di tengah perjalanan ketemu lagi dengan orang lain. Orang ini berkata, ”Anak tak tahu diri. Masak bapaknya disuruh jalan sedangkan ia enak-enak saja di atas kuda”. Mendengar ini si anak pun disurunhya turun, selanjutnya sang bapak yang gantian naik di atas kuda. Perjalanan dilanjutkan.

Di tengah perjalanan ketemu lagi dengan orang lain yang memandang heran sembari mencela,”Sungguh orang tua tak berkemanusiaan. Masak ia duduk enak di atas kuda, sedangkan anaknya kepayahan disuruh menuntun kuda”.

Akhirnya saking jengkelnya sang bapak pun turun juga. Ia dan anaknya sama-sama berjalan sembari menuntun kuda. Tak lama kemudian mereka berpapasan dengan orang lain. Dengan tatapan heran orang ini berkata,” Kalian ini orang-orang aneh. Punya kuda kok tidak dinaiki malah dituntun saja”.

Serba salah, tentu itulah yang ada di benak kita jika menghadapi situasi seperti di atas. Mau begini salah, mau begitu juga salah. Naik kuda berdua disalahkan, naik salah satu disalahkan, tidak naik semua disalahkan. Ibarat buah simalakama, jika dimakan matilah bapak, tak dimakan matilah ibu.

Kalau perbuatan negatif dicela maka itu wajar. Namun lain dari itu ketika kita melakukan hal-hal yang positif pun banyak orang yang mencela. Kurang kerjaan kek, mau cari pamor kek, mau nyalahi adat kek, mau tokek kek.

Pelajaran berharga : tetaplah fokus pada pekerjaan, teguhkan niat, jangan goyah menuju tujuan, jangan mudah terobang-ambing, tetap konsentrasi, dan ambil sisi positif dari celaan, anggap sebagai masukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (148) coretan (123) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (67) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)