Ramadan Di Karangasri

Jumat, 03 September 2010


Kegiatan Ramadan di Perumnas Bumi Karangasri berpusat di Masjid Al Ikhlas. Posisi masjid ini sebenarnya tidak pas di tengah permukiman. Letaknya berada di RT 01, dari bunderan yang ada patung kudanya ke arah timur, pas di ujung jalan. Menjelang ramadan tiba, warga bekerja bakti membersihkan masjid, memperbaiki sound, memasang/mengganti lampu di area masjid.
Kegiatan pada bulan ramadan tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya. Sholat subuh berjamaah dilanjutkan dengan kultum bergantian dari bapak-bapak. Sore harinya anak-anak TPA mengaji sambil menanti datangnya waktu berbuka. Untuk takjilnya (menu berbuka puasa) digilir masing-masing RT. Di dalam perumahan terdapat 6 RT, sehingga setiap RT mendapat jatah menyediakan takjil 5 hari.
Malam harinya sholat tarawih dilaksanakan berjamaah setelah sholat isya’. Menjelang sholat witir diadakan kultum yang juga diadakan bergiliran oleh bapak-bapak. Setelah itu dilanjutkan dengan tadarus yang terdiri dari kelompok bapak-bapak (putra) dan ibu-ibu (putri). Tahun kemarin ada acara khataman, namun pada tahun ini acara tersebut sepertinya ditiadakan.
Setiap hari minggu pagi jam 9 ada pengajian ibu-ibu. Sedangkan pengajian bapak-bapak biasanya diadakan malam hari seusai tarawih, namun tahun ini pun pengajian bapak-bapak vakum.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (171) coretan (126) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (68) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)