MTQ Di Madiun

Jumat, 24 Juni 2011

smkn5madiun.sch.id
Madiun saat ini sedang punya hajat besar, yakni sebagai penyelenggara MTQ Jawa Timur XXIV Provinsi Jawa Timur dari tanggal 19 sampai 26 Juni 2011. Bangga juga sih, kota kelahiran saya menjadi ajang perlombaan seni membaca Al Qur’an. Madiun tak hanya terkenal dengan sambel pecel dan jajanan bremnya. Atau terkenal karena pemberontakan PKI-nya saat tahun 1948 silam. Kali ini Madiun menyelenggarakan acara yang berbalut religius. Di sudut-sudut kota tentunya banyak atribut yang menggambarkan adanya momen ini.

Kota yang telah saya tinggalkan selepas SMA dan bekerja ini barangkali saat ini sedang bernuansa agama. Ribuan orang dari luar kota membanjiri, entah itu sebagai peserta, pendukung, penonton, bahkan pencopet. Masjid-masjid dan tempat perlombaan meriah dengan alunan suci kalam Ilahi. Di koran saya lihat para polisi wanita bertugas dengan mengenakan jilbab. Hal yang sepertinya mustahil ditemui selain di Serambi Mekah (Aceh) juga selain karena ada acara ini.

Hari Minggu kemarin, 19 Juni 2011 diadakan pembukaan di Stadion Wilis. Berbagai atraksi ditampilkan seperti pencak silat, musik, dan lain-lain. Tak ketinggalan di Alun-alun digelar pameran produk unggulan dan jasa.

Untuk jenis lomba MTQ dan tempatnya bisa dilihat di bawah ini yang saya ambil dari blognya Bu Reni :  

  1. MTQ dewasa bertempat di Masjid Agung Baitul Hakim. Masjid yang baru direnovasi ini letaknya persis di sebelah barat alun-alun.
  2. Khat (MKQ) bertempat di Graha Bhakti Praja.
  3. MTQ Qiroat, MFQ, MSQ bertempat di Aula Utama Wisma Haji. Lokasinya di jalan ring road dekat SMA 3.
  4. MHQ dan tilawah, tartil 1 juz bertempat di Aula Kecamatan Taman. Lokasinya dari Universitas Merdeka jalan Serayu lurus ke timur.
  5. MTQ Anak-anak, MHQ 5 juz dan tilawah bertempat Aula Kecamatan Manguharjo.
  6. MHQ 10 juz dan MHQ 20 juz bertempat di Balai Diklat Pemkot Madiun. Lokasinya dekat lapangan Gulun.
  7. MTQ remaja dan MTQ cacat netra bertempat di Gedung pertemuan RSUD dr. Soedono Madiun. Rumah sakit ini terletak di jalan Sutomo.
  8. Tafsir Bahasa Indonesia dan Tafsir Bahasa Inggris di Hall Asrama IV Wisma Haji.
  9. MHQ 30 juz dan tafsir bahasa Arab bertempat di gedung bakorwil Madiun. Lokasinya di jalan Pahlawan, dekat dengan swalayan (Sri Ratu, Plaza Madiun, Timbul Jaya Plaza).

Demikian, bagi yang berminat ingin menonton mudah-mudahan tidak tersesat. Semoga acara berlangsung lancar dan membawa bekas mendalam terutama di hati masyarakat.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (148) coretan (123) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (67) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)