Tantangan Kita, Sekarang dan Mendatang

Jumat, 11 Juni 2010

TANTANGAN KITA, SEKARANG DAN MENDATANG

Problematika umat sebenarnya begitu beragam, baik problem yang berasal dari sisi internal umat Islam itu sendiri, maupun masalah-masalah yang berasal dari luar yang menyerang umat Islam. Dr Yusuf Qaradhawi dalam Ummatuna Bainal Qarnain menyebutkan sejumlah tantangan yang dihadapi umat Islam memasuki abad 21. Tantangan itu antara lain tantangan identitas, referensi, keterbelakangan, pembangunan menyeluruh, keadilan sosial, perempuan, pemerintahan otoriter, keumatan dan akhlak, serta tantangan-tantangan besar yang berupa tantangan Zionisme, tantangan faksionasi dan dekonstruksi, dan tantangan globalisasi.

Beberapa potensi yang sebenarnya sangat luar biasa telah dimiliki oleh umat Islam yaitu potensi ideologis, potensi geografis, potensi sumber daya alam, potensi kuantitas umat, dan potensi militer. Sedangkan upaya-upaya yang bisa kita lakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan umat serta untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada antara lain pertama, memberikan penyadaran dan aksi sosialisasi tentang problema yang dihadapi umat.

Kedua, berusaha melepaskan ketergantungan serta melawan hegemoni pihak asing terutama AS dan antek-anteknya dengan sekaligus menciptakan solusi alternatif.

Ketiga, rekonstruksi sistem seperti yang diungkapkan oleh Hasan Al Banna berupa rekonstruksi sistem politik, sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem jihad.

Keempat, melakukan kontrol efektif terhadap kebijakan penguasa/rezim yang menjadi bagian dari kaki tangan pihak asing, terutama AS. Kelima, melakukan proses kaderisasi secara terus-menerus sebagai sumber SDM. Keenam, perluasan jaringan, terutama untuk meningkatkan hubungan ukhuwah di antara elemen gerakan Islam. Demikian. Wallahu a’lam bish shawab.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

 

Label

kepegawaian (171) coretan (126) serba-serbi (86) saat kuliah (71) oase (68) pustaka (62) keluarga (58) tentang ngawi (58) hukum (49) peraturan (46) tentang madiun (37) album (26) konsultasi (20) tentang jogja (17)